Pasar game Asia dipenuhi dengan peluang, tetapi bagi sebagian orang itu bisa menjadi hal yang sulit untuk dipecahkan, sesuatu yang tidak menghentikan yang baru diluncurkan untuk membuat jejaknya di wilayah tersebut. Sebagai pengganti dari tawaran lisensi yang sukses baru-baru ini, Mark Robson, mantan kepala eGaming Isle of Man yang sekarang memimpin operator yang menghadap Asia, menjelaskan warisan unik perusahaan, bagaimana teknologi telah membantu mereka dengan ‘menjadi yang terbaik’ untuk semua pemangku kepentingan, dan mengapa Isle of Man akan selalu menjadi rumah.

Seberapa cepat visi di balik menjadi kenyataan dan apa yang menjadi tonggak utama dalam perjalanan itu?
Proyek kami dimulai sekitar 18 bulan yang lalu dan tengara bisa sangat subjektif, tetapi bagi saya tonggak nyata pertama datang pada bulan April tahun lalu ketika saya mulai mengerjakannya penuh waktu. Sejak itu kami telah mengamankan lisensi kami, pindah ke beberapa ruang kantor yang bagus dan terintegrasi dengan beberapa penyedia B2B terbaik di industri. Bagi kami, ini bukan tentang melakukan sesuatu dengan cepat – ini tentang melakukannya dengan benar.

Apa profil pelanggan Anda?
Sementara tim kami terdiri dari kombinasi beragam kebangsaan dan latar belakang, keahlian utama kami adalah di pasar Asia. Pemahaman tentang pemain dan budaya mereka sangat penting dalam memastikan personalisasi otentik dari pengalaman pelanggan, jadi di sinilah upaya kami saat ini difokuskan. Seiring pertumbuhan bisnis kami dan industri yang terus berkembang, kami pasti akan melihat perubahan pada cara kami melakukan sesuatu, tetapi kami tidak akan pernah menjadi jenis perusahaan ‘satu ukuran untuk semua’.

Secara pribadi, bagaimana Anda menemukan transisi dari regulator ke operator komersial. Apakah itu membutuhkan perubahan budaya yang besar misalnya dan apa yang menjadi bagian tersulit dari transisi tersebut?
Saya telah berkecimpung di industri ini sebagai pemain hampir sepanjang hidup saya dan sebelum menjadi ‘Kepala e-Gaming’ untuk Pemerintah Pulau Man, saya cukup beruntung untuk menghabiskan hampir 15 tahun bekerja untuk, dan dengan, beberapa nama terbesar di sektor perjudian online dan offline. Dengan demikian, pindah kembali ke sisi lain meja adalah transisi alami bagi saya.

Investasi apa yang telah Anda buat di IOM sejauh ini dan apa skala rencana yang akan dilakukan untuk jangka menengah dan panjang?
Saya pikir adil untuk mengatakan bahwa investasi kami sejauh ini signifikan! Untuk saat ini, sisi B2C dari bisnis kami akan menempati bagian terbesar dari pusat perhatian, tetapi tim teknologi kami terus maju dengan pengembangan rangkaian produk B2B dan P2P kami. Kami juga secara aktif mendorong ide dan inovasi di dalam tim, sehingga selalu ada benih kemungkinan yang ditaburkan. Satu hal yang tidak akan kita lakukan adalah berdiri diam!

Tali pengikat Anda adalah tentang ‘menjadi yang terbaik’: bagaimana Anda memenuhi filosofi itu dan bagaimana itu terwujud dalam operasi ?
Pertama dan terpenting, dengan menyediakan lingkungan yang menyenangkan, aman, dan andal bagi para pemain kami. Teknologi dapat menyediakan kerangka kerja untuk itu, tetapi ‘kami’ yang mewujudkannya dan itulah sebabnya kami berinvestasi besar-besaran ke dalam lingkungan, kesejahteraan, dan budaya untuk tim kami. Mereka adalah personifikasi merek kami sehingga untuk memastikan pemain kami merasa betah bersama kami, kami berusaha untuk menjadi perusahaan terbaik yang kami bisa.

Pertanyaan konyol, tapi mengapa Isle of Man – apakah Anda mengeksplorasi kemungkinan dilisensikan di yurisdiksi game lain dan jika tidak, mengapa tidak?
IoM memiliki infrastruktur yang hebat, pemerintahan yang kooperatif, dan pengatur pengalaman substansial dan reputasi yang tiada bandingnya di sektor ini. Banyak perusahaan terkemuka di industri ini berkantor pusat di sini, jadi lokasi di sini adalah pilihan yang jelas. Keputusan itu juga bermitra dengan memastikan kami juga berinvestasi dalam tim kami. Memberi mereka lingkungan di mana mereka dapat tumbuh dan mencapai tujuan profesional serta aspirasi pribadi sangat penting bagi kami. Karena sifat industrinya, kami telah membangun jejak global yang beragam dan portofolio lisensi yang lebih luas, tetapi Isle of Man adalah rumah kami.

Di yurisdiksi lain, hubungan antara regulator dan perusahaan game dapat tampak sulit atau tegang. Bandingkan dengan IOM di mana dinamikanya tampak lebih progresif – apakah itu ringkasan yang akurat atau adil?
Saya akan mengatakan demikian, ya. Regulasi dapat dilihat sebagai overhead (dan bahkan penghambat) untuk bisnis, tetapi juga merupakan aset yang fantastis. Saya telah tinggal dan bekerja di banyak yurisdiksi perizinan lainnya, tetapi tidak ada tempat lain dalam pengalaman saya yang memiliki pendekatan pragmatis terhadap lingkungan bisnis. Sangat menyegarkan untuk bekerja dengan regulator yang mengambil pendekatan ‘kemitraan’ untuk bisnis yang bekerja dengan mereka.